9

Pilih Backlink dari Facebook atau Google+

Author Nur Siswanto    Category , ,

Perbedaan antara link Dofollow dan Nofollow. Kali kali ini saya ingin membahas pengertian tentang Dofollow dan Nofollow. Dofollow dalam bahasa inggris berarti “mengikuti”. Link Dofollow adalah link suatu website yang memberikan backlink ke blog lain dengan sifat backlink tersebut mengikuti. Biasanya berupa anchor text atau Url yang disisipkan pada pada kalimat ketika seseorang berkomentar di sebuah blog/website.


Fungsi dari backlink dofollow ini tentu saja menambah point untuk website/blog yang diikutinya. Penambahan poin ini jelas memberi manfaat lebih untuk meningkatkan posisi serp sebuah website/blog di mesin pencari. Apabila Anda mendapatkan Inbound link dari sebuah website/blog yang mempunyai reputasi tinggi, tentu hal itu  sangat baik untuk meningkatkan optimasi seo website/blog Anda.

Sedangkan Link Nofollow adalah link yang juga sebenarnya sama memberikan backlink ke website/blog lain, tetapi dengan sifat backlink tersebut tidak mengikuti. rel ='nofollow' bertujuan untuk menciptakan link yang tidak akan diikuti oleh robot crawler search engine seperti google. Fungsi dari rel ='nofollow' ini sering juga digunakan sebagai cara untuk menghindari spam pada komentar. Sekaligus sebagai salah satu cara untuk memperbaiki struktur website/blog.

Di sini saya tidak akan panjang lebar membahas bagaimana cara dapat backlink dofollow atau no follow, sy hanya akan membahas perbedaan Situs sosial media yang sudah tidak asing di telinga kita yaitu Facebook dan G+.

Facebook sosial media yang di buat Mark Zukerburg ini sangat di minati oleh semua kalangan di seluruh belahan dunia, baik muda, tua, maupun kakek-kakek sekalipun, apalagi dengan fitur yang selalu update dan tdk mau ketinggalan dg situs sosial media lainnya, kini facebook terdapat #hastag, Coment Pic dan Sticker Chat, hingga ia menjadi situs sosial No 1 yang paling banyak di akses di dunia. Bahkan banyak sekali orang2 yang menggunakan fasilitas facebook ini untuk mempromosikan Produck mereka.

kok panjang banget ya hehehe...

tapi ada yg kurang dari facebook ini, jika anda adalah seorang internet marketer yang mengharap produk anda di cari orang melalui serch engine seperti google, dan anda juga mengharap situs anda bisa bertengger di google halaman 1 setelah iklan, maka anda kurang tepat jika kerjaannya hanya  sering menautkan/mengirim tautan situs jualan anda hanya ke fb atau twitter, mungkin bisa bermanfaat utk jangka pendek alias hanya meningkatkan traffic sementara, tetapi tidak bermanfaat untuk jangka panjang. Kenapa?

Karena link Tautan facebook adalah link Nofollow alias link sampah yg sama sekali tidak akan memberikan point bagi website anda di mata serch engine, sama halnya anda berkomentar di cbook atau shoutmix dg meninggalkan link ketika anda berselancar mengunjungi blog teman2 anda, sebenarnya anda bisa mendapatkan backlink do follow dari facebook, akan tetapi anda harus membayar tidak sedikit untuk beriklan kpd facebook. Berbeda halnya dengan Google+, Sosial Media milik google ini justru memberikan link dofollow kepada setiap website atau blog yang di tautkan ke G+ kecuali pada link komentarnya, yang sangat memberikan point bagi kelangsungan website atau blog anda ke depan di mata serch. Nah apabila anda adalah seorang internet marketer tulen yang mengharap produk anda bisa bertengger di halaman depan pencarian, tidak ada salahnya anda mencoba google +, daftar di sini https://plus.google.com.

Untuk Mengetahui apakah sebuah link Do follow atau Nofollow, anda bisa donload di add on Mozilla, kemudian instal ke browser anda, link donload: https://addons.mozilla.org/en-us/firefox/addon/nodofollow/ kemudian restate browser.

Untuk menggunakannya cukup klik kanan, klik no dofollow, apabila sebuah link ter blok dengan warna biru, maka link tersebut adalah Do follow, tp jika link tersebut ter blok dengan warna merah, itu artinya link tersebut adalah link no follow

Sumber : http://www.facebook.com/notes/syarif-ahmad/catatan-sendiri-mau-di-baca-atau-tidak-terserah-anda/10151782270421303


---

9 Comments to “Pilih Backlink dari Facebook atau Google+”

  • Cara Mendapatkan Backlink dari Facebook   23 Juli 2013 11.09

    Kalau saya sendiri sih facebook kalau google backlink emang ga mudah dapetinnya.

    Oya kalau pengen tahu jumlah backlink dari facebook buat blog kamu, baca ya artikel saya. Makasih.

  • Berguru dan Belajar SEO   5 Agustus 2013 06.55

    Makin tahu lebih dalam nih sob tentang Fungsi BackLink, terimakasih banyak sudah mau berbagi sobat.

  • jam tangan casio   21 Oktober 2013 09.07

    tapi kan sekarang udah beda bro perhitunganya harus seimbang dofollow maupun nofollownya salam kenal
    Jam tangan original

  • denni ardianto   21 November 2013 15.44

    Makasih mas ilmunya, saya jadi tahu kalau google plus itu dofollow.
    Btw apa benar mas link nofollow itu tidak di ikuti bot google? Saya sudah cek di webmaster tool kok backlink nofollow juga ada ya?
    Thank b4 mas :)
    jual online

  • HayalanNews   21 Desember 2013 14.25

    makasih ilmunya mas broe, kalau begitu percuma juga kita berkomentar di blog yang nofollow ya ...?

  • Rizal John   22 Desember 2013 17.50

    Newbi mas, baru bisa belajar memahami tentang backlink.

  • cincin kawin   30 Januari 2014 00.44

    apakah dengan banyaknya postingan yang kita bagi ke teman teman di G plus mendapatkan nilai dai mata google bahwasanya diri kita mempunya blog / web yang bagus ?

    by
    cincin kawin

  • faizal daffa   21 Februari 2014 05.16

    menambah ilmu saya tentang fungsi backlink nih. terimakasih sudah mau berbagi ilmunya sob

  • tara   2 Oktober 2014 11.11

    belum mengerti betul sebenernya sih maklum masih belajar hehe

Post comment