0

Program Encrypt Files V 1.5

Author Nur Siswanto    Category

Program ini digunakan untuk memproteksi file-file penting yang anda miliki. Ini sangat berguna bagi anda yang punya file-file penting yang tidak boleh dilihat oleh orang lain semacam buku catatan harian atau data penting lainnya. Terutama bagi anda anak kost-kostan atau mahasiswa yang biasanya banyak temen-teman anda yang memakai komputer anda. Berikut adalah cara menginstal dan menggunakannya. Program ini bersifat freeware dan bisa anda download dari www.encryptfiles.net. Berikut adalah cara menginstal dan menggunakannya.
Tapi sebelum menginstal, anda download programnya disini.
Setelah anda download extract filenya menggunakan winzip atau winrar. Untuk Windows XP biasanya sudah ada programnya bawaan windows tinggal di klik kanan pilih open with >> compressed (zipped) folders.
Setelah di extract double klik encrypt_files_setup.exe maka akan muncul tampilan seperti berikut ini.

Pilih Next untuk melanjutkan menginstal dan cancel untuk membatalkan instal.


Selanjutnya akan muncul tampilan Persetujuan Lisensi seperti di atas. Silahkan baca dahulu persetujuan lisensinya, kemudian klik button “I accept the agreement” kalau anda setuju dan klik Next untuk melanjutkan. Jika anda tidak setuju dengan Persetujuan lisensi diatas maka maaf anda tidak dapat melanjutkan menginstal program ini.



Akan muncul tampilan pilihan lokasi dimana program ini akan disimpan, untuk defaultnya silahkan anda klik Next aja, tapi kalau mau dirubah ya boleh-boleh aja, tetapi untuk file program biasanya windows menyimpannya di “C:\Program Files\”. Klik Next untuk melanjutkan.

Ini adalah tampilan untuk memilih shorcut programnya mau ditaruh dimana, dari pada bingung-bingung mending langsung klik next aja, OK boz…

Centang “Create a desktop icon” Jika ingin menambahkan shorcut di desktop, dan pilih “Create a Quick Launch Icon” untuk menambahkan shorcut di Quick Launch pada sebelah kiri taskbar.


Siap untuk menginstal klik Install

Please wait….
Tunggu sebentar….
Sedang proses penginstalan program.


Penginstalan sudah selesai. Untuk langsung menjalankan silahkan anda klik “Launch Encrypt Files” kemudian klik Finish.


Tampilan Program program utama dari Encrypt Files V1.5. Kita atur dulu setting programnya disebelah kiri ada menu Encryption Settings silahkan diklik. Akan muncul tampilan seperti di bawah ini.


Enable encrypting entire directories, pilih jika anda ingin memproteksi file didalam sebuah folder. Jika pilihan ini tidak dipilih maka untuk memproteksi anda harus satu persatu.
Pilihan yang lain silahkan anda coba sendiri dan diartikan sendiri ya….


Pada tab passwords anda bisa mengatur penggunaan passwordnya
Show password (don’t use asterisks) ==> menampilkan password bukan tanda asterik (*)
Clear password box after operation ==> menghapus password setelah selesai encrypt data
Ask for program password ==> Program meminta password ketika dijalankan seperti tampilan berikut

Untuk memproteksi data silahkan pilih folder atau file mana yang akan di proteksi. Pilih Algoritma yang digunakan (ada berbagai macam untuk defaultnya Blowfish). Kemudian klik Encrypt. Kemudian akan muncul tampilan Encrypt files, masukkan password kemudian klik Encryipt


Setelah proses selesai klik OK. Setelah diproteksi maka file tersebut tidak dapat dijankan. Kalau nggak percaya silahkan dicoba…
Tampilan file yang di encript akan berubah warna menjadi merah. Sedang kan kalau tidak akan berwarna hitam.


Untuk membuat file kembali seperti semulan pilih file yang diproteksi kemudian klik decrypt,
Masukkan password kemudian klik Decrypt.
File sudah kembali dan siap dibuka dan dimodifikasi kembali.

Bagaimana kalau windowsnya atau programnya diinstal ulang???
Memang saya pernah menjumpai program memproteksi folder tapi ketika windows diinstal ulang maka folder yang diproteksi hilang dan tidak bisa dibuka. Tapi untuk program ini tidak seperti itu, selama filenya masih ada atau tidak di delete, anda bisa membukanya kembali
---

Post comment